Implementasi Ibadah Qurban Dengan Harta Yang Kita Sayangi

Implementasi-Ibadah-Qurban-Dengan-Harta-Yang-Kita-Sayangi

COPAS.COM. Implementasi Ibadah Qurban Dengan Harta Yang Kita Sayangi, Sebenarnya banyak pelajaran atau makna yang terkandung dalam ibadah Qurban, ibadah yang dilaksanakan setiap tahun oleh umat Islam tersebut dilakukan dengan cara menyembelih hewan ternak Sapi, kambing, domba dan hewan ternak lain yang disunnahkan.

Masalahnya ibadah Qurban yang kita laksanakan apa sudah terkandung makna dari Ibadah tersebut, jangan-jangan Ibadah Qurban yang kita laksanakan hanya sekedar berpesta daging ternak yang kita sembelih.

Kalau dilihat latar belakang perintah berqurban, dimana waktu itu Nabi Ibrahim mendapat perintah dari Allah SWT lewat mimpi untuk menyembelih anak kesayanganya Ismail, dan endingnya bukan Ismail yang jadi disembelih karena pada pelaksanaanya Allah telah mengganti tubuh Ismail dengan domba.

Kenapa Allah menyuruh Ibrahim menyembelih Ismail kok tidak langsung menyuruh menyembelih hewan ternak milik Ibrahim, disitu jelas Allah telah menguji Ibrahim, dimana Allah meminta Ibrahim untuk mengorbankan sesuatu yang sangat disayangi dalam hal ini adalah anaknya Ismail, dan Ibrahim berhasil dari ujian tersebut, demi rasa cintanya kepada Allah Ibrahim rela mengorbankan anak kesayanganya dengan melaksanakan perintahnya.

Pertanyaanya, sudah pernahkah kita ber Qurban dengan sesuatu yang paling kita sayangi, banyak orang yang merasa sedih kehilangan barang berharga miliknya dan tidak sedikit orang yang sedih berlebihan waktu ditinggal mati oleh salah satu anggota keluarganya, padahal jelas Allah telah mengatakan bahwa harta dan keluarga kita adalah titipan, dan sewaktu-waktu akan diambilnya.

Membantu orang lain adalah salah satu implementasi dari arti kata Qurban, yaitu mendekatkan diri kepada Allah, dengan memberikan pakaian bekas yang sudah tidak terpakai kepada orang lain memang tidak dilarang, tapi coba bandingkan dengan Qurban yang dilaksanakan oleh Ibrahim

Kita mungkin tidak bisa seratus persen harus seperti Ibrahim, tapi kita harus berusaha, paling tidak kita bisa melaksanakan makna yang terkandung dari perintah Ibadah Qurban tersebut, yaitu ber Qurban dengan harta yang kita sayangi.



*Terima kasih Anda telah membaca  artikel yang berjudul Implementasi Ibadah Qurban Dengan Harta Yang Kita Sayangi, semoga bermanfaat.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Admin.
Admin berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.